Pages

REFLEKSI AKHIR TAHUN PEMBELAJARAN SEMANGAT MENYONGSONG AJARAN BARU

Jumat, 03 Juli 2015

Oleh Drs. Mohamad Samsul Hadi, M.Pd
Kepala SDN Bubutan IV

            Bulan Juli adalah pergantian. Akhir dari pembelajaran selama satu tahun dan persiapan menuju ajaran baru.

            Inilah saat yang tepat bagi setiap institusi pendidikan melakukan evaluasi diri yang merupakan refleksi dari apa yang telah dilakukan selama satu tahun berlalu. SDN Bubutan IV merasa bersyukur bahwa  tahun pembelajaran 2014/2015 berlalu dengan kenangan manis. Tentu kenangan manis itu tidak tercipta dengan tiba-tiba, semua melalui proses yang melibatkan siswa , guru, kepala sekolah, dukungan orang tua dan komite sekolah.
Kepala SDN Bubutan Drs. Mohamad Samsul Hadi, M.Pd mempersiapkan program untuk tahun ajaran baru 2015-2016
            Prestasi yang diukir SDN Bubutan IV berkat kerjasama semua pihak. Siswa-siswi   silih berganti menorehkan prestasi baik individu maupun kelompok. Prestasi melukis, menulis surat untuk walikota dan anugerah pangeran dan  puteri lingkungan hidup 2015 adalah beberapa prestasi individu yang di raih siswa. Salah satu guru Bubutan IV terpilih sebagai peserta CCEEE ( Cross Culture and Education Environment Exchange ) di Perth, Australia. Kepala Sekolah Bubutan IV yang terpilih menjadi peserta Principal Capacity Development Program  di  Dong Eui University, Busan Korea Selatan melengkapi catatan bagus tahun ini. Sedangkan prestasi secara berkelompok yang tercatat diantaranya adalah juara lomba asah terampil tingkat kota, lomba yel-yel UKS dan tetembangan serta tari untuk tingkat kecamatan.

            Program-program di SDN  Bubutan IV juga bergerak mengalir mewarnai pendidikan karakter siswa. Program Adiwiyata, Ecopreneur, memilah sampah, membawa tempat makan dan minum semua berjalan sesuai rencana. Semangat guru dan dukungan orangtua sangat berpengaruh dalam perjalanan setiap program sekolah. Juara Ecopreneur 2014 dan Sekolah Adiwiyata 2015 tingkat kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur bagi SDN Bubutan IV merupakan wujud  penghargaan dari Pemkot Surabaya atas jerih payah yang dilakukan oleh sekolah.

            Menyongsong tahun ajaran baru 2015/2016 SDN Bubutan IV terus menyiapkan program yang berkelanjutan dari kegiatan-kegiatan yang telah berlangsung. Persiapan penilaian Adiwiyata tingkat nasional merupakan agenda yang tidak bisa ditunda. Program pembentukan budaya literasi bagi seluruh siswa yang meliputi wajib baca, sudut baca, wajib kunjung perpustakaan dan tantangan membaca merupakan  tanggung jawab yang harus terlaksana dengan baik.

            Peningkatan prestasi dibidang akademik akan menjadi program prioritas untuk mengimbangi prestasi non akademik yang telah diraih. Program kelas unggulan dan siswa berprestasi semoga bisa terlaksana sejak awal pembelajaran tahun ini. Kegiatan ekstra kurikuler dan kerjasama dengan lembaga lain baik dalam negeri maupun luar negeri akan terus ditingkaatkan. Semoga SDN Bubutan IV semakin jaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar