Pages

Pondok Ramadhan

Kamis, 09 Juli 2015

Ramadhan, adalah bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Ramadan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah. Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasasalat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.

para peserta Pondok Ramadhan secara khidmat mendengarkan ceramah dari Ustadz Nidhom

Bulan ramadhan sangat diharapkan bagi umat muslim karena didalamnya terdapat banyak ampunan dan pahala dari allah yang berlipat ganda jika dibandingnya dengan bulan bulan lainnya. Untuk mengenalkan dan member pengetahuan tentang bulan suci ini, banyak sekolah yang mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan bagi para siswanya. Tak terkecuali SDN Bubutan IV Surabaya.

Kegiatan Pondok ramadhan di SDN Bubutan IV di tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan selama 1 minggu. Berbeda dengan tahun ini, karena pelaksanaannya bertepatan dengan waktu liburan sekolah, maka pondok ramadhan hanya di laksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 22-23 Juni 2015. Meski demikian terlihat antuasias siswa saat mendengarkan materi-materi yang disampaikan oleh pembicara. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya tentang sejarah islam, amalan-amalan dalam bulan ramadhan, al-quran, doa sehari-hari dan lain-lain.

Para Guru mendampingi siswa dalam Pondok Ramadhan di Aula sekolah

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh siswa yang mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan bertambah tentang pemahaman mereka terhadap Puasa Ramadhan dan mampu memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang ada untuk memperbaiki diri dalam sikap, tingkah laku dan pribadi mereka. (Titin K)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar