Pages

GREBEK PASAR

Minggu, 01 Februari 2015

Surabaya, 27 Nopember 2014 
 Berani Kotor : Para kader lingkungan SDN Bubutan IV mengumpulkan sampah organik dari pasar Margo Rukun.

Untuk memenuhi kebutuhan sampah organic, Tim eco school SDN Bubutan IV harus sering melaksanakan grebek pasar. Banyaknya jumlah biopori dan terbatasnya sampah organic di sekolah mengharuskan tim mencari sampah organic diluar. Tempat terdekat dari sekolah adalah pasar tradisional Margo Rukun kelurahan Gundi.

Sekitar 30 anak berangkat dari sekoloah pada pukul 09.30 tepat setelah istirahat. Cuaca yang sangat panas tidak menciutkan nyali tim yang terdiri dari siswa siswi kelas 4 ini. Waktu tempuh hanya sekitar 5 menit dari sekolah.

Banyak warga yang masih belum faham tentang pentingnya membuat kompos dari sampah organic. “Pak, anak sekolah kok diajari memulung sampah” terang salah seorang pengunjung pasar. Akan tetapi sebagian besar warga pasar malah mendukung program ini. Dengan senyuman yan ramah para pedagang memberikan sisa sayurannya mulai dari wortel, sawi, mentimun, kacang, labu dan lain-lain kepada anak-anak. Sebagian pedagang sudah hafal kebiasaan tim kami. Ketika kami datang, terdengar bisik-bisik dari mereka “ini anak-anak eco school”.

Tim mendapatkan sekitar 60 kilogram dampah organic. Tidak menunggu lama, sampah organic yang sudah didapt langsung dimasukkan ke dalam biopori.. “terdapat 50 biopori di sekolah kami, satu biopori membutuhkan lebih dari 10 kg sampah organic” terang Bu Endang, Pembina Tim Eco school SDN Bubutan IV.




Tumbuh Subur : Banyaknya sampah organik yang dimasukkan biopori membuat tanah di dalamnya menjadi sangat subur. Banyak tunas tunas yang tumbuh dari biji bijian sampah organik



Biopori disekolah banyak ditumbuhi tanaman. Tanaman tersebut berasal dari biji-bijian sampah organic yang sering dimasukkan tim kami. Tumbuhnya tanaman menunjukkan suburnya tanah salam biopori. (Teacher)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar