Pages

SDN BUBUTAN IV SEKOLAH ADIWIYATA TERBAIK I TINGKAT KOTA SURABAYA

Selasa, 17 Februari 2015



Senin, 16 Pebruari 2015

Atas berkah rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorongnya oleh keinginan luhur supaya berkehidupan yang ramah lingkungan, maka warga SDN Bubutan IV berhasil menjadi sekolah terbaik I  ADIWIYATA tingkat Kota Surabaya dengan nilai 74. 

Kemudian dari pada itu, SDN Bubutan IV akan maju ke Adiwiyata Propinsi Jawa Timur. Dibutuhkan kerja keras dan tim yang solid untuk mencapai prestasi tersebut. Para guru harus bekerja ekstra (lembur) dalam mengerjakan komponen I – IV. Kerja keras tersebut terbayar sudah dengan ditakdirkannya kami menjadi Juara I tingkat Kota Surabaya. “Ini adalah pertama kalinya kami mengikuti program Adiwiyata dan Syukur Alhamdulillah kami berhasil menjadi juara” Ujar Bu Rinda, Ketua Tim Adiwiyata SDN Bubutan IV.

 Membanggakan : Kepala dan Guru SDN Bubutan IVmemperoleh penghargaan dari BLH Kota Surabaya sebagai sekolah Adiwiyata terbaik I tingkat kota Surabaya.
 
Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ir. Musid Ali Suhudi,MT selaku kepala BLH Kota Surabaya, di SMA 12Surabaya. hadir pula disana Kepala sekolah SDN Bubutan IV, Drs. Mohamad Samsul Hadi, M.Pd di damping oleh Bu Titin, Bu Endang dan Bu Leni. ‘Sebuah kehormatan bisa menjadi juara” terang Bu Endang guru kelas IV A. 

Kami semua berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami mencapai prestasi tersebut. Diawali dengan mengikuti program Eco School yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau Indonesia, kami berhasil menjadi Juara 1 pada tahun 2013 dan runner up pada tahun 2014. Selanjutnya kami mengejar untuk menjadi sekolah Adiwiyata. Program Eco school menjadikan kami terbiasa untuk berkegiatan lingkungan di sekolah maupun di luar sekolah. Semua kegiatan itu kami dokumentasikan untuk dijadikan pelengkap administrasi sekolah Adiwiyata.

Tidak hanya itu, kerja sama yang baik dengan wali murid juga menjadi pengangkat nilai kami di program Sekolah Adiwiyata. Sekolah selalu melibatkan wali murid dalam rapat, perencanaan maupun pelaksanakan kegiatan lingkungan di sekolah maupun luar sekolah seperti ngebor biopori di rumah warga, grebek pasar, lomba yel-yel dan program sekolah bebas plastik. 

Kami juga bekerja sama dengan instasi pemerintah seperti PUSKESMAS, BLH, Dinas Pertanian Surabaya dan kelurahan. Salah satu persyaratan menjadi sekolah Adiwiyata adalah kantin sehat. Maka kami bekerja sama dengan PUSKESMAS untuk melakukan tes laboratorium untuk makanan yang dijual di kantin. Makanan tersebut haruslah bebas dari 5P yaitu penyedap, pewarna, pengawet, pemutih,dan pemanis. Dan setelah di tes, hasilnya menunjukkan bahwa kantin sekolah kami menjual makanan yang bebas dari 5P tersebut. Maka kami mendapatkan stiker kantin sehat dengan nomor 0583/ 3578 /12 / 14 pada tanggal 24 Desember 2014.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras tim Adiwiyata. Tantangan selanjutnya adalah maju Adiwiyata tingkat propinsi. Ini menjadi semangat buat kami untuk terus berprestasi” terang Pak Samsul Hadi, kepala sekolah kami. (Teacher)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar